THE INFLUENCE OF CROSSWORD PUZZLE GAME TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SEVENTH GRADE OF SMP NEGERI 03 KOTA SERANG (An Experimental Research)

Main Author: NUR’AENI, LIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13593/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20CROSSWORD%20PUZZLE%20GAME%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20VOCABULARY%20MASTERY%20AT%20SEVENTH%20GRADE%20OF%20SM_opt.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13593/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata siswa di kelas tujuh SMP Negeri 03 Kota Serang. Peneliti melakukan penelitian ini berdasarkan masalah penelitian “adalah ada pengaruh yang signifikan dari permainan teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa penguasaan kosakata di kelas VII SMP Negeri 03 Kota Serang?”. Itu peneliti melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen sejati. Itu populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 03 Kota Serang. Sampel penelitian adalah 60 siswa dengan teknik random sampling. Itu kelas VII G sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII F sebagai kelompok kontrol. Itu kelompok eksperimen menerima Permainan Teka Teki Silang. Sedangkan kontrol kelompok menerima metode konvensional (diperlakukan tanpa Teka Teki Silang Permainan). Kedua kelompok diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui penguasaan kosakata sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen penelitian yang yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kosakata. Tes terdiri dari 20 item tes di pilihan ganda. Dalam pengujian hipotesis, peneliti menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata siswa. Berdasarkan hitung t-test adalah thitung 4,016 ttabel 2,004. Dengan demikian, hipotesis alternatif adalah diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan dari permainan teka-teki silang terhadap penguasaan kosakata siswa.