THE EFFECTIVENESS OF USING FLASHCARD IN TEACHING SIMPLE PAST TENSE AT EIGHTH GRADE OF SMPN 1 KRAGILAN

Main Author: ARTIKA NOVE WIJAYA, UNI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13592/1/THE%20EFFECTIVENESS%20OF%20USING%20FLASHCARD%20IN%20TEACHING%20SIMPLE%20PAST%20TENSE%20AT%20EIGHTH%20GRADE%20OF%20SMPN%201%20KRAG.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/13592/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas menggunakan flashcard untuk pemahaman siswa tentang simple past tense. Penelitian ini juga berfokus pada bagaimana hasil setelah perawatan dan membandingkan hasilnya dengan kelompok kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII siswa kelas SMPN 1 Kragilan dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa VIII/G dan VIII/H. Setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan uji coba untuk memeriksa validitas dan keandalan tes. Kelas yang digunakan sebagai uji coba adalah kelas VIII/A dan kelas juga terdiri dari 30 siswa. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan metode true desain eksperimen pretest-posttest control group design sebagai metode penelitian. Ada dua kelompok yang digunakan dalam penelitian ini. Eksperimen mendapatkan perlakuan sedangkan kelompok kontrol tidak. Hasilnya, pre-test telah dilakukan dan mendapat skor rata-rata kontrol kelompok adalah 46,67 dan 49,83 untuk kelompok eksperimen. Sementara post test mereka mendapat 77,17 untuk kelompok kontrol dan 82,17 untuk kelompok eksperimen. Berdasarkan Dari hasil tes, dapat disimpulkan bahwa peningkatan dari pre-test ke post test adalah 30,5 poin, sedangkan 32,34 poin untuk kelompok eksperimen. Hasilnya menunjukkan di sana adakah perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan flashcard sebagai pengajaran mereka? media dan mereka yang tidak. Hasil tersebut juga menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki peningkatan yang lebih tinggi setelah belajar dengan menggunakan flashcard. Kesimpulannya, flashcard merupakan salah satu media yang efektif untuk meningkatkan antusiasme dan pemahaman siswa tentang simple past tense.