PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA SUBKONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA (Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Kota Serang Kelas XI Semester 2)
Main Author: | JAMALUDIN, MAMDUH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13569/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20QUANTUM%20TEACHING%20TERHADAP%20MOTIVASI%20DAN%20KEMAMPUAN%20KOGNITIF%20SISWA%20PADA%20_opt_compressed.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13569/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada subkonsep sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMAN 6 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan desain randomized control group only. Model pembelajaran Quantum teaching sebagai variabel bebas, motivasi dan kemampuan kognitif siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalan seluruh siswa kelas XI SMAN 6 Kota Serang tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur motivasi siswa, post test untuk mengukur kemampuan kognitf siswa, dan lembar observasi untuk keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata motivasi pada kelas eksperimen sebesar 63,44 dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa pada kelas eksperimen yaitu 71,66 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil uji t pada motivasi siswa diperoleh nilai sig. 0,002 < 0,05 yang berarti H0 ditolak, sedangkan hasil uji t pada kemampuan kognitif siswa diperoleh nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum teaching terhadap motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada subkonsep sistem pencernaan manusia di kelas XI SMAN 6 Kota Serang. Kata Kunci