Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SDN Sukamanah 03 Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Sukamanah 03 Jiput – Pandeglang
Main Author: | Masnasari, Ita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13565/1/peningkatan%20hasil%20belajar%20siswa%20pada%20mata%20pelajaran%20ips%20dalam%20menggunakan%20model%20pembelajaran%20k.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13565/ |
Daftar Isi:
- Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan secara kolaborasi dalam dua siklus. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukamanah 03 Kecamatan Jiput Kabupaten Pandeglang sebanyak 30 siswa dengan komposisi perempuan 17 siswa dan laki-laki 13 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2013 – 2014. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I 65,3 dengan ketuntasan belajar 56,7% atau 17 orang siswa yang mencapai KKM dan sebanyak 13 orang siswa atau 43,3% belum mencapai KKM. Pada siklus II memperoleh nilai 82 dengan prosentase ketuntasan belajar 82% atau sebanyak 24 orang siswa yang mencapai KKM dan 18% atau sebanyak 6 orang siswa yang belum mencapai KKM maka terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukan adanya peningkatan pada aktivitas siswa dengan memperoleh nilai pada siklus I 1,7 dan siklus II memperoleh 2,2. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sukamanah 03 Kecamatan Jiput KabupatenPandeglang