PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Majalaya, Tunjung Teja Serang)
Main Author: | ERNAWATI, MIMIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13564/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPA%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20FLASHCARD.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13564/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA dan masih minimnya penggunaan media dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media flashcard. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Majalaya dengan jumlah 29 siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1, sebesar 72,41% siswa aktivitas belajarnya berada pada kategori baik dan baik sekali dan pada siklus 2 meningkat menjadi 96,55% siswa aktivitas belajarnya berada pada kategori baik dan baik sekali. Begitupun dengan ketuntasan belajar siswa, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus 1 yaitu 51,72%, meningkat menjadi 82,75% pada siklus 2. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Majalaya.