PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE CIRC (COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) PADA MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VI-A SDN Tegal Kembang Kec.Walantaka Kota Serang Tahun Ajaran 2014-2015)
Main Author: | SARI ASTUTI, PUJI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13563/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20MELALUI%20MODEL%20COOPERATIVE%20LEARNING%20TIPE%20CIRC%20%28COOPERATIVE%2C%20INTEGR.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13563/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa denganmenggunakan model Cooperative Learning tipe CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition). (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan tes, Observasi penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Kembang Kecamatan Walantaka Kota Serang-Banten subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI-A. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan model Cooperative Learning tipe CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hal ini ditunjukan dengan meningkatnya persentase aktivitas belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus II. Nilai persentase aktivitas siswa siklus I adalah 66.67% dan siklus II adalah 93.33% (2) penggunaan model Cooperative Learning tipe CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) dapat meningkatkan Hasil belajar siswa, hal ini dilihat dari nilai hasil belajar siswa. Persentase rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 71,53 dan siklus II sebesar 87,30. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe CIRC (Cooperative, Integrated, Reading, And Composition) dapat meningkatkan Hasil belajar siswa pada konsep kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara tetangga pada kelas VI-A SDN Tegal Kembang Kecamatan Walantaka Kota Serang-Banten Tahun Pelajaran 2014/2015.