PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS III A SDN CIBEBER 3 Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III A SDN Cibeber 3 Kota Cilegon
Main Author: | Fauzi Al Ansori, Ade |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13561/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20MELALUI%20MODEL%20COOPERATIVE%20LEARNING%20EXAMPLE%20NON%20EXAMPLE%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPS%20SISWA%20K~1_opt.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13561/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning example non example hingga mencapai nilai ≥75. Jenis pada penenlitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto, S yang dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian, dimana pada setiap siklusnya dilakukan dengan dua pertemuan. Setiap siklusnya dilakukan dengan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap reflkeksi. Adapaun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan instrumen tes, instrumen observasi aktivitas belajar guru dan siswa. Pada siklus pertama pertemuan satu dan dua jumlah siswa yang hadir 37 siswa, sedangkan pada siklus dua jumlah siswa yang hadir 37 siswa dengan diterapkannya model cooperative learning example non example, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa 77,7% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,4%. Begitupun dengan rata-rata hasil belajar siswa dari 79,8 pada siklus I meningkat menjadi 95,6 pada siklus II. Sehingga simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa dengan diterapkanya model cooperative learning example non example dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas III A Sekolah Dasar Negeri Cibeber 3.