PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE PADA MATA PELAJARAN IPS Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Kampung Besar III Kabupaten Tangerang

Main Author: Annisaa, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13558/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20ROUND%20TA_opt.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13558/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Kampung Besar III Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas 2 siklus. Alat pengumpulan data berupa soal tes evaluasi, lembar observasi aktivitas guru, dan aktivitas siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus adalah: siklus I siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 67 sebanyak 39 siswa atau 70,90% tuntas dan sebanyak 16 siswa atau 29,09% yang tidak tuntas., sedangkan pada siklus II siswa yang memenuhi KKM ada sebanyak 49 siswa atau 89,09% tuntas dan 6 siswa atau 10,90% tidak tuntas. Aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table semakin meningkat. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS