Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Power Point Pada Mata Pelajaran IPS”, Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas V SDN Teluk 02 Kecamatan Labuan Kabupaten Pandeglang Tahun Pembelajaran 2014/2015

Main Author: Pramono, Damasistio
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13556/1/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20MACROMEDIA%20FLASH%20BERBASIS%20POWER%20POINT%20PA~1.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13556/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materipokokPersiapan Kemerdekaan Indonesia dan Perumusan Dasar Negara melalui penggunaan media pembelajaran macromedia flash berbasis power point. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai hasil belajar peserta didik pada materipokok tersebut, dengan jumlah subjeknya adalah 31peserta didik.Pada teknik pengumpulan data menggunakan; pedoman wawancara pada pra siklus, observasi, tes tertulis, dan dokumentasi, sedangkan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu, tes hasil belajar peserta didik dalam bentuk tes tertulis serta lembar observasi.Setelah melaksanakan penelitian pada siklus I persentase aktivitas peserta didik meningkatmencapai angka 71%, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas peserta didikmengalami peningkatan mencapai angka 100%.Sedangkan pada hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata- rata hasil belajarnyamencapai69,67 dengan persentase ketuntasan70% dan dalam hasil belajar peserta didik pada siklus II nilai rata- rata hasil belajarnyamencapai 83,22 dengan persentase ketuntasan 100% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran macromedia flash berbasis power point dapat mengingkatkan hasil belajar peserta didik.