PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KANCING GEMERINCING PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM POKOK BAHASAN SEJARAH UANG KELAS III SDN KAMAL 06 PAGI TEGAL ALUR KALIDERES (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas III SDN Kamal 06 Pagi Tegal Alur Kalideres)
Main Author: | Anggraini, Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13554/1/Peningkatan%20Hasil%20Belajar%20Melalui%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20tipe%20Kancing%20Gemerincing%20pada.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13554/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pada mata pelajaran IPS dalam pokok bahasan sejarah uang kelas III SDN Kamal 06 pagi tegal alur kalideres. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun subyek penelitian ini berjumlah 42 siswa. Alat pengumpulan data berupa soal tes evaluasi (pilihan ganda), lembar observasi aktivitas siswa dan guru pada setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing aktivitas siswa meningkat, presentase aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 43,48% dan pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 65,21%. Pada siklus II pertemuan I presentase aktivitas siswa yaitu 86,96% dan pada siklus II pertemuan II kembali mengalami peningkatan menjadi 91,30%. Selain itu, presentase hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Dari data awal yang diperoleh, presentase siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 28,58%, pada siklus I presentase siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 66,67%, dan pada siklus II presentase siswa yang mencapai nilai KKM mengalami peningkatan menjadi 88,09%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing maka aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan sejarah uang di SDN Kamal 06 Pagi Tegal Alur Kalideres mengalami peningkatan.