PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MODELLING THE WAY PADA MATA PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Saninten Kecamatan Bandung Kabupaten Serang)

Main Author: AINI, QURROTUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13543/1/PENINGKATAN%20%20HASIL%20%20BELAJAR%20%20SISWA%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20%20MODEL%20%20PEMBELAJARAN%20%20KOOPERATIF%20%20TIPE.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13543/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe modelling the way pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Saninten. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I, aktivitas siswa mencapai 57,89% pada pertemuan 1 dan 73,68% pada pertemuan 2. Pada siklus II, aktivitas siswa meningkat mencapai 84,21% pada pertemuan 1 dan 94,73% pada pertemuan 2. Hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 80%. Peningkatan hasil belajar siswa yang telah memenuhi standar kriteria ketuntasan minimal (KKM), pada siklus I meningkat menjadi 57,14% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,14%, hal ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 80%. Berdasarkan hasil penelitian dalam setiap siklus menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe modelling the way dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SDN Saninten.