Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Materi Peristiwa sekitar proklamasi Kelas V Di SDN 1 Narimbang Mulya

Main Author: Yuliyanti Pratiwi, Wita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13535/1/Penggunaan%20model%20pembelajaran%20numbered%20head%20together%20untuk%20meningkatkan%20hasil%20belajar%20lPS%20pad%20materi%20peristiwa%20sekitas%20proklamasi%20kelas%20V%20di%20SDN%20Panimbang.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/13535/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) hingga mencapai minimal 80%. Jenis pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dengan 2 tahap siklus penelitian, dimana pada setiap siklusnya dilakukan dengan sua pertemuan. Tiap dilakukan dengan empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan instrumen tes, instrumen observasi aktivitas guru dan aktivitas belajar siswa. Pada siklus pertama pertemuan satu dan dua jumlah siswa yang hadir 23 siswa dan pada siklus dua pertemuan satu dan dua siswa yang hadir 23 siswa. Dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa meningkat. Pada siklus I aktivitas belajar siswa 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Begitupun dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I menjadi 72% dan pada siklus II meningkat menjadi 95,5%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V sehingga siswa dapat aktif dalam proses pembelajaran dikelas Sekolah Dasar Negeri 1 Narimbang Mulya.