PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND CLUB UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor)

Main Author: Herawati, Herawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13533/1/PENGGUNAAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20ROUND%20CLUB%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20PADA%20MATA%20PELAJARAN%20IPS~1.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13533/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Rabak. Rendahnya nilai tersebut diakibatkan karena dalam pembelajaran IPS, guru hanya menggunakan metode ceramah yang kurang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran dan guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga proses pembelajaran IPS kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk (1) meningkatkan hasil belajar siswa dan (2) untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa di kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor semester genap tahun pelajaran 2013/2014 melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round club pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali pertemuan digunakan untuk tes akhir pembelajaran demikian pula dengan siklus II. Data hasil belajar siswa digali dengan tes hasil belajar dan data hasil aktivitas siswa digali dengan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang mengacu pada model pembelajaran kooperatif tipe round club yaitu mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya, yakni siklus I memperoleh data sebesar 67% dan siklus II memperoleh data sebesar 92%. Dan (2) Aktivitas siswa kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor pada tahun ajaran 2013/2014 yang mengacu pada model pembelajaran kooperatif tipe round club yaitu: siklus I pertemuan kesatu memperoleh data sebesar 65%, siklus I pertemuan kedua memperoleh data sebesar 75%, siklus II pertemuan kesatu memperoleh data sebesar 85% dan siklus II pertemuan kedua memperoleh data sebesar 100%. Kesimpulan penelitian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe round club dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Rabak Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor.