PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL (FILM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan Pada Siswa Kelas V SDN Serdang Wetan)
Main Author: | Nurjanah, Iis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13530/1/PENGGUNAAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20AUDIO%20VISUAL%20%28FILM%29%20UNTUK%20%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20PADA%20MATA%20PEL_opt.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13530/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitiini adalah untuk meningkatkan hasil belajar,aktivitas siswa dan respon siswa dengan menggunakan media audio visual (film) sampai mencapai indikator keberhasilan yaitu hasil belajar 80%, aktivitas siswa 80% dan respon siswa 90%. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Terlihat dari data awal tingkat kelulusan peserta didik hanya 40.00% atau 16 siswa yang mencapai nilai KKM dan 60% atau 24 siswa yang belum mencapai nilai KKM (62). Sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal. Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media pembelajaran audio visual (film) dapat terlihat bahwa dari 40 siswa yang tidak tuntas pada siklus I sebanyak 27, 50 % atau 11 siswa, dan yang berkatagori tuntas sebanyak 72,50% atau 29 siswa. Akhirnya pada siklus II, dari 40 siswa yang tuntas hanya I siswa atau 2,50%. Setelah diberikan tindakan dengan menggunakan media audio visual (film) pada siklus I aktivitas siswa siklus I pertemuan I hanya mencapai 72% dan pertemuan II mengalami meningkatan menjadi 80%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I aktivitas siswa mencapai 90% pada pertemuan II menjadi 95% respon siswa terhadap media pembelajaran pada siklus I pertemuan I 86% dan pertemuan II 91%. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan media audio visual (film) dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa dan respon siswa terhadap media pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas V SDN Sserdang Wetan, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.