PENGEMBANGAN MAJALAH BIOMAGZ SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM KELAS X
Main Author: | SUPRIATI, PITRIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13526/1/PENGEMBANGAN%20MAJALAH%20BIOMAGZ%20SEBAGAI%20SUMBER%20BELAJAR%20ALTERNATIF%20SISWA%20PADA%20KONSEP%20EKOSISTEM%20KELAS%20X.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13526/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan majalah Biomagz sebagai alternatif sumber belajar siswa SMA/MA kelas X dalam konsep ekosistem dan untuk mengetahui kualitas majalah Biomagz sebagai alternatif belajar siswa pada mata pelajaran biologi SMA/MA kelas X dalam konsep ekosistem. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian R&D (Research and Development). Prosedur pengembangan majalah Biomagz menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap Analisis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Instrument yang digunakan untuk mengembangkan majalah Biomagz ini menggunakan lembar angket, yang mencakup beberapa komponen tiap aspeknya meliputi uji ahli media, uji ahli materi, uji ahli Reviewer (guru SMA/MA kelas X), Peer Reviewer (rekan sesama mahasiswa Untirta), dan uji coba terbatas yang dilakukan di SMAN 1 Kabupaten Tangerang dan MAN Balaraja. Kualitas majalah Biomagz yang dihasilkan berdasarkan penilaian tiap aspek ahli media 81,42% dalam kategori sangat layak, ahli materi 59,46% dalam kategori layak, Reviewer 91% dalam kategori sangat layak, Peer Reviewer 53,33% dalam kategori layak dan uji coba terbatas di SMAN 1 Kabupaten Tangerang 62,71% dalam kategori layak dan MAN Balaraja 61,05% dalam kategori layak. Berdasarkan penilaian tersebut maka majalah Biomagz yang sedang dikembangkan termasuk kedalam kategori layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar alternatif siswa