PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA EKOSISTEM UNTUK SISWA SMA KELAS X SEMESTER 2
Main Author: | Rapika, Rika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13522/1/PENGEMBANGAN%20LEMBAR%20KEGIATAN%20SISWA%20%28LKS%29%20BERBASIS%20PENDEKATAN%20CONTEXTUAL%20TEACHING%20AND%20LEARNING%20%28CTL%29%20PADA%20EKOSISTEM%20UNT~1.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13522/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada konsep ekosistem untuk siswa SMA kelas X Semester 2, sebagai bahan ajar alternatif dalam proses pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengambangan (Research and Development) yang meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data, tahap pengembangan, dan tahap uji coba. LKS berbasis CTL dikembangkan dengan memuat tujuh komponen pembelajaran berbasis CTL yaitu membangun pengetahuan siswa (konstruktivisme), menemukan, bertanya, kelompok belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian nyata. Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kualiats LKS berbasis CTL ini berupa angket. Hasil penilaian kualitas LKS menurut ahli media menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mempunyai kualitas baik dengan skor rata-rata 75,1%, sedangkan menurut ahli materi menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan mempunyai kualitas baik dengan skor rata-rata 74,2%. Berdasarkan hal tersebut diketahui LKS Berbasis CTL layak digunakan berdasarkan uji ahli