PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK (Suatu Penelitian Pengembangan)
Main Author: | HOIRUN NISA, ANGGUN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13520/1/PENGEMBANGAN%20BAHAN%20AJAR%20INTERAKTIF.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13520/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas pendidikan di lapangan yaitu banyak pendidik yang masih menggunakan bahan ajar konvensional dalam pembelajaran serta rendahnya sikap disposisi matematis siswa. Disposisi matematis ialah kemampuan afektif siswa untuk menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, rasa ingin tahu, perhatian, dan minat yang tinggi dalam mempelajari matematika serta sikap ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagimana mengembangkan bahan ajar interkatif berbasis problem solving; (2) bagaimana pencapaian akhir disposisi matematis siswa setelah penggunaan produk; (3) bagaimana peningkatan disposisi matematis siswa setelah penggunaan produk. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Kota Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan Pengembangan (R&D). hasil penelitian menunjukan; (1) Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis problem solving ini dibuat melalui tahap penelitian dan pengembangan dengan tingkat kelayakan baik dari uji ahli matematika, ahli media, dan sangat baik dari ahli pendidikan. (2) Pencapaian akhir disposisi matematis siswa sesudah penggunaan produk lebih baik daripada sebelum penggunaan produk. (3) Peningkatan disposisi matematis siswa sesudah penggunaan produk masuk dalam kriteria rendah.