PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA KONSEP ARITMATIKA SOSIAL UNTUK SISWA SMP

Main Author: KHARIS ABADI, MA’ULFI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13515/1/PENGEMBANGAN%20BAHAN%20AJAR%20INTERAKTIF%20BERBASIS%20SCIENTIFIC%20APPROACH%20PADA%20KONSEP%20ARITMATIKA%20SOSI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13515/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan disiplin ilmu yang sangat penting penggunaannya dalam kehidupan sehari hari. Dalam kenyataan siswa masih merasa malas, bosan, enggan untuk mempelajari matematika. Untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional pemerintah memberikan solusi yaitu pembelajaran menggunakan kurikulum 2013. scientific approach merupakan ciri dari kurikulum 2013. Dalam pembelajaran menggunakan scientific approach proses belajar terdiri dari tahap-tahap, mengamati, menanya, mencoba, menalar, menyaji jika berhasil ditambahkan mencipta. Dalam kurikulum 2013 yang menjadi sumber belajar adalah buku, media cetak, dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar yang relevan. Sebagian besar bahan ajar cetak yang ada di pasaran belum sesuai kurikulum 2013. Dari hal di atas perlulah pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan menjawab tantangan dari peserta didiknya. Bahan ajar dengan scientific approach, selain itu bahan ajar ini harus memotifasi siswanya untuk tidak malas, tidak cepat bosan, dan lebih bersemangat untuk belajar matemika. Pentingnya bahan ajar ini dalam kurikulum 2013 menjadi tantangan untuk lebih dipelajari dan dikembangkan. Sehingga pengembangan bahan ajar interaktif berbasis scientific approach ini yang sekiranya menjawab tantangan tersebut