PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL UNTUK SISWA SMP (Suatu Penelitian Pengembangan)

Main Author: DERMAWAN, ANNAS
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13514/1/PENGEMBANGAN%20BAHAN%20AJAR%20INTERAKTIF%20BERBASIS%20SCIENTIFC%20APPRO2.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13514/
Daftar Isi:
  • Bahan ajar yang akan dikembangkan ini merupakan bahan ajar interaktif yang memiliki lima komponen, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan membuat jejaring. Penelitian ini dilakukan sesuai dengan prosedur penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini melibatkan tujuh tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Pada tahap uji coba dilakukan kepada beberapa ahli, yaitu: tiga orang ahli matematika, tiga orang ahli pendidikan, dan dua orang ahli multimedia. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 12 orang siswa SMPN 1 Kragilan yaitu penggunaan bahan ajar interaktif berbasis Scientific Approach mendapat respon yang positif dari siswa dengan total presentase akhir angket sebesar 84.17 %. Bahan ajar ini juga meningkatkan semangat siswa dalam belajar dan membuat siswa lebih paham dengan penyampaian materi yang disajikan dengan penjabaran konten�konten yang terangkum dalam ilustrasi dan juga kasus yang terdapat dalam bahan ajar