PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENALARAN MATEMATIK SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VII SMP Khas Putra Bangsa)

Main Author: Yuniarni, Tia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13321/1/PENGARUH%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20NUMBERED%20HEADS%20TOGETHER%20%28NHT%29%20TERHADAP%20PENALARAN%20MATE.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/13321/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa pada saat pembelajaran serta berdasarkan test soal kemampuan penalaran matematik terhadap siswa kelas VII di salah satu SMP Kota Serang. Sehubungan dengan kenyataan tersebut maka diterapkanlah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap penalaran matematik siswa SMP, (2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran biasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP Khas Putra Bangsa, sedangkan pengambilan sampel secara cluster random sampling dan yang terpilih adalah siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, instrument yang berupa tes uraian sebelumnya diujicobakan dulu kepada siswa kelas VIII B SMP Khas Putra Bangsa untuk mencari validitas, realiabilitas, daya pembeda dan indeks kesukaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pembelajaran matematika dapat berpengaruh positif terhadap penalaran matematik siswa. (2) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif lebih baik daripada kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Penalaran Matematik