PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN MEDIA SLIDE PEMANDANGAN ALAM TERHADAP MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI ANYER TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | INDAH PERTIWI, TIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13295/1/PENGARUH%20PENGGUNAAN%20MEDIA%20VIDEO%20DAN%20MEDIA%20SLIDE%20PEMANDANGAN%20ALAM%20TERHADAP%20MENULIS%20KARANGAN%20DESKRIPSI%20PADA%20SISWA%20KELAS%20~1_opt.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13295/ |
Daftar Isi:
- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan deskripsi siswa MTs Negeri Anyer, sehinga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Alternatif pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran menggunakan media video dan media slide pemandangan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media video pemandangan alam terhadap menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII di MTs Negeri Anyer tahun pelajaran 2014/2015? (2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media slide pemandangan alam terhadap menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII di MTs Negeri Anyer tahun pelajaran 2014/2015? (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media video dengan media slide pemandangan alam terhadap menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII di MTs Negeri Anyer tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Anyer dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa VII-10, sampel diambil yaitu seluruh siswa kelas VII-10 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh penggunaan media video pemandangan alam terhadap menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII di MTs Negeri Anyer tahun pelajaran 2014/2015. (2) terdapat pengaruh penggunaan media slide pemandangan alam terhadap menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII di MTs Negeri Anyer tahun pelajaran 2014/2015. (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media video dengan media slide pemandangan alam terhadap menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII di MTs Negeri Anyer tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini dapat dilihat dari perolehan t hitung sebesar 2,47 dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 serta db 64 diperoleh t tabel sebesar 1,671 terbukti, t hitung (2,47)> t tabel (1,671). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perbedaan rata-rata nilai posttest antara media video (69,81) dan meda slide pemandangan alam (65,09) terbukti signifikan. Hal ini sekaligus membuktikan hipotesis yang diajukan peneliti dalam penelitian ini, yaitu pengaruh penggunaan media video dan media slide pemandangan alam terhadap menulis karangan deskripsi pada siswa kelas VII MTs Negeri Anyer diterima.