PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Cilegon)
Main Author: | BERTA, CAHAYA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13293/1/PENGARUH%20PENERAPAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20MATEMATIKA%20BERBASIS%20MULTIPLE%20INTELLIGENCES%20TERHADAP%20KEMAMPU.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13293/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih rendah. Sehingga perlu dilakukan suatu perlakuan yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, 2) Untuk mengetahui sikap siswa setelah mengikuti Model Pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan instrument tes dan nontes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Cilegon. Sampel yang diambil secara acak dan didapat kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Digunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 untuk menjawab hipotesis dengan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan homogenitas. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh positif yang signifikan Model pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal ini berarti terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan Model pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. 2) Respon siswa yang kuat terhadap pembelajaran dengan menggunakan Model pembelajaran Matematika Berbasis Multiple Intelligences