STRATEGI PENGELOLAAN AKUN INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN PERSONAL BRANDING SELEBGRAM
Main Authors: | Fitriani, Rika, Nurprapti, Nurprapti, Nurjuman, Husnan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/1329/1/SKRIPSI.%20STRATEGI%20PENGELOLAAN%20AKUN%20INSTAGRAM%20DALAM%20MEMBANGUN%20PERSONAL%20BRANDING%20SELEBGRAM%20-%20Copy.pdf http://eprints.untirta.ac.id/1329/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Rika Fitriani. NIM. 6662140906. Skripsi. Strategi Pengelolaan Akun Instagram Dalam Membangun Personal Branding Selebgram. Pembimbing I: Dr. Nurprapti Wahyu W., M.Si dan Pembimbing II: Husnan Nurjuman., M.Si. Maraknya penggunaan media sosial Instagram pada saat ini, membuat Instagram menjadi salah satu pasar bisnis yang menggiurkan. Hal tersebut dibukikan dengan menjamurnya online shop yang ada di Instagram. Setiap online shop pastilah membutuhkan media promosi untuk semakin menyebarluaskan produk yang ditawarkan kepada para pengguna Instagram. Selebgram (selebriti Instagram) merupakan salah satu ranah promosi yang dianggap efektif dan efisien bagi para online shop. Dengan demikian, fenomena selebgram juga kian marak di Instagram, bahkan menjadi salah satu peluang bisnis di bidang jasa yang sangat menggiurkan. Pada saat ini, banyak selebgram bermunculan di Instagram, oleh karena itu, para selebgram haruslah membangun sebuah personal branding yang kuat di Instagram agar dapat bersaing dengan selebgram lainnya. Pengelolaan akun Instagram menjadi salah satu hal yang penting dalam membangun personal branding selebgram. Oleh karena itu, penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi pengelolaan akun selebgram dalam membangun sebuah personal branding. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan paradigma konstruktivis, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode studi kasus serta peneliti menggunakan teori impression management. Hasil yang ditemukan peneliti dalam penelitian ini adalah para selebgram melakukan diferensiasi dan dramatisasi guna membangun personal branding dengan melakukan pengelolaan akun dari mulai profil, tampilan, serta konten yang diunggah. Dalam membangun personal branding, mereka melakukan analisis SWOT pada akun Instagram miliknya. Dalam melakukan segmenting, para selebgram cenderung melakukan segmenting dari segi demografi dan psikografis. Kemudian untuk targeting, mereka lebih berfokus kepada kalangan remaja. Serta dalam melakukan positioning, mereka lebih berfokus pada intensitas interaksi dengan para pengikutnya di Instagram. Kata kunci: Personal Branding, Instagram, Selebgram, Impression Management Theory