UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PELAJARAN IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SDN Petir 4 Kota Tangerang)

Main Author: NURDIANTI ASTUTY, SITI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13268/1/UPAYA%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20DENGAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STUDENT%20FACILITA.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/13268/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan masih menggunakan metode ceramah yang sering digunakan dikelas III SDN Petir 4. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dan mengetahui aktivitas siswa pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining, yang dilaksanakan pada 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan adanya perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa, observasi aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, menunjukan bahwa pada siklus I siswa yang tuntas 22 siswa dari 37 siswa bila dipresentasikan 60%. Pada siklus ke 2 meningkat menjadi 34 siswa dari 37 jika dipresentasikan yaitu 92% terjadi peningkatan sebanyak 32% hal ini sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan dan telah tercapai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.