UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KEGIATAN JUAL BELI DI LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING (BBL) DI KELAS III SDN KALIASIN 3 SUKAMULYA (PenelitianTindakan Kelas Pada Kelas 3 SD Negeri Kaliasin 3 Sukamulya Kabupaten Tangerang)

Main Author: ARISKA, ARISKA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13267/1/UPAYA%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20SISWA%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20BRAIN%20BASED%20LEARN.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13267/
Daftar Isi:
  • Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi adanya masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, kurangnya minat belajar siswa dalam pembelajaran dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning pada pokok bahasan kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 siswa kelas III SDN Kaliasin 3 Sukamulya. Pelaksanaan tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Menggunakan instrument penelitian berupa tes dengan 4 soal essay, observasi aktivitas guru dan siswa, dan wawancara guru. Hasil belajar pada pra siklus, ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 38% atau 12 orang siswaa. Pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat menjadi 65% atau 20 orang siswa dan persentase aktivitas peserta didiknya 73%. Akan tetapi hasil pada siklus I belum mencapai indikator keberhasilan dengan memperoleh nilai ≥ 60 untuk hasil peserta didik dan 80% untuk aktivitas belajar siswa. Kemudian siklus II ketuntasan belajar mengalami peningkatan sebesar 100% dan aktivitas belajar siswa mencapai 100%. Dari perolehan data tersebut dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.