UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE-OUTSIDE-CYRCLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN CEMBEH (Penelitian Tindakan Kelas Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cembeh Tahun Ajaran 2014/2015)
Main Author: | Meilistiawati, Meilistiawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13264/1/UPAYA%20MENINGKATKAN%20HASIL%20BELAJAR%20PESERTA%20DIDIK%20DENGAN%20MENGGUNAKAN%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20COOPERATIVE.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13264/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside-Cyrcle. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dalam penelitian ini dilakukan dengan dua tahap siklus penelitian. Setiap siklusnya dilakukan 2 pertemuan, yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, sedangkan data yang diperoleh meliputi data hasil belajar menggunakan tes tertulis, lembar observasi, dan catatan lapangan. Subjek penelitian berjumlah 47 peserta didik. hasil penelitian ini menunjukkan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Inside-Outside-Cyrcle dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. hal ini ditunjukan dengan persentase peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I yaitu 67 meningkat menjadi 81 pada siklus II. Hasil observasi aktivitas peserta didik pada akhir siklus I sebesar 74% aktivitasnya berada pada kriteria “Baik” dan meningkat menjadi 80% pada akhir siklus II dengan kriteria “Baik Sekali”. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Inside-Outside-Cyrcle dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas IV di sekolah dasar.