OPERASIONAL PROGRAM PUBLIC RELATIONS (Studi Deskriptif Penerapan Budaya Perusahaan C.I.R.I di PT Krakatau Steel)
Main Authors: | Selvina, Ema, Kania, Nia, Nesia, Andin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.untirta.ac.id/132/1/SKRIPSI%20EMA%20SELVINA.pdf http://eprints.untirta.ac.id/132/ http://kom.fisip-untirta.ac.id |
Daftar Isi:
- Ema Selvina. NIM 062522. Skripsi. Operasional Program PR (Studi Deskriptif Penerapan Budaya Perusahaan C.I.R.I di PT. Krakatau Steel). Organisasi yang telah mempunyai norma yang kuat, akan mempengaruhi setiap tindakan yang dilakukan setiap pegawai dan akan menjadikan kesadaran setiap anggotanya tentang apa yang harus diperbuat setiap waktu, ketika mereka berada di bidang kerjanya, oleh karena itu sangat diperlukan budaya organisasi. PT. Krakatau Steel (Persero) mensosialisasikan budaya perusahaan kepada seluruh karyawan agar menjadi pedoman dalam setiap pekerjaan yang dilakukan sehingga dari proses sosialisasi tersebut akan mempunyai dampak positif terhadap produktivitas, komitmen organisasi, dan turnover dari sumber daya manusia yang dimiliki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan yang dilakukan PT. Krakatau Steel (Persero). Penelitian ini dilaksanakan untuk menggambarkan langkah-langkah dan penerapan budaya perusahaan di PT. Krakatau Steel (Persero). Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode deskripsi kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, didapat bahwa strategi yang digunakan yaitu dibentuknya Tim Vision, Mission & Value yang bertugas untuk menjabarkan visi, misi dan budaya perusahaan serta membuat dan menyusun Buku Pedoman Budaya Perusahaan. Dibentuknya Change Agent (Agen Perubahan), yang bertugas sebagai komunikator kepada karyawan PT. KS (Persero). Dimana peran Change Agent ini yang sangat berpengaruh, berperan aktif dan memiliki tanggung jawab penuh dalam menerapkan budaya perusahaan. Baik di unit yang dipimpin ataupun di kelas training. Dan melalui media-media yang disediakan di unit-unit kerja sebagai pendukung penerapan budaya perusahaan. Seperti : Standing Banner, Pamflet, Pin, Spanduk dan Buku saku pedoman budaya perusahaan yang dibagikan kepada setiap karyawan PT. Krakatau Steel (Persero). Media-media ini dilakukan oleh Divisi Protokoler & Internal Communication dan Corporate Communication. Kesimpulan akhir dari penelitian ini bahwa bukan hanya Tim Budaya Perusahaan saja yang menyusun dan bertanggung jawab dalam mensosialisasikan budaya perusahaan, akan tetapi ada Change Agent sebagai komunikator, mengawasi, evaluasi dan bertanggung jawab atas setiap bawahannya dan Divisi Protokoler & Internal Communication dan Corporate Communication sebagai mediator dalam mendukung penerapan budaya perusahaan baik ke dalam maupun ke luar.