PENGELOLAAN KESAN SELEBGRAM DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Selebgram Lokal dikota Cilegon)

Main Authors: Hermansyah, Arif, Gumelar, Rangga G., Nurjuman, Husnan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.untirta.ac.id/1319/1/PENGELOLAAN%20KESAN%20SELEBGRAM%20DALAM%20MEMANFAATKAN%20MEDIA%20SOSIAL%20INSTAGRAM%20-%20Copy.pdf
http://eprints.untirta.ac.id/1319/
http://kom.fisip-untirta.ac.id
Daftar Isi:
  • Arif Hermansyah. NIM. 6662132534.Pengelolaan Kesan Selebgram Dalam Memanfaatkan Media Sosial Instagram (Studi Dramaturgi Selebgram Lokal Dikota Cilegon). Dosen Pembimbing I: Dr.Ing. (FH) Rangga Galura Gumelar M.Si. Dosen Pembimbing II: Husnan Nurjuman, S.Ag.,M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena yang terjadi pada media social Instagram sebagai ajang eksistensi diri dikalangan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kesan yang dilakukan oleh selebriti Instagram yang biasa dikenal dengan sebutan selebgram dipanggung depan yaitu media social Instagram dan panggung belakang sebagai realitas kehidupannya. Panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) seorang selebgram yang akan diteliti oleh peneliti di sini ialah pembahasan mengenai panggung depan (front stage) yaitu aktifitas yang dilakukan objek di dalam akun Instagramnya meliputi postingan-postingan yang ia upload, dan mengenai panggung belakang (back stage) yaitu persiapan yang di lakukan untuk menunjang penampilanya di panggung depan (front stage) dan juga ketika ia di dalam kehidupan sehari-hari di luar media sosial Instagram.Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi kasus dengan sumber data utama yang diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan data pendukung diperoleh dari dokumen-dokumen dan data pendukung lainnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah dramaturgi, dengan pendekatan kualitatif dan paradigma yang digunakan yaitu konstruktivis.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui Pengelolaan kesan yang dilakukan oleh Selebgram dalam panggung depannya seperti menampilkan suatu kesan mewah dan ingin membangun suatu kesan bahwa dirinya merupakan seseorang yang berada dan memiliki eksistensi diri yang ingin diakui oleh pengguna Instagram lainnya.Seperti yang dilakukan LD yang sering menampilkan unggahan pada saat dirinya pergi ketempat-tempat hiburan malam, liburan dengan latar tempat yang mewah serta gaya Bahasa yang ditunjukan seolah-olah dirinya memang memiliki hal tersebut. Sedangkan untuk informan yang kedua yaitu RD, dirinya lebih sering menampilkan suatu kesan yang ingin dirinya diakui oleh khalayak akan suatu karya yang sering ia tampilkan diinstagram untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah sebagai rezeki sampingan. Dalam hal berekspresi yang dilakukan RD, dirinya berusaha membentuk kesan yang ingin terlihat humble dan mudah bergaul, memiliki banyak teman dan berusaha ramah kepada follwers. Pengelolaan kesan pada panggung belakang adalah karakter personal yang ditunjukkan oleh Selebgram di luar aktifitas mereka di dalam akun Instagramnya sangatlah berbeda dengan apa yang ditampilkan di Instagram. Kata Kunci : Pengelolaan Kesan, Selebgram, Dramaturgi.