THE USE OF NOVEL TOWARDS READING ATTITUDES OF ENGLISH STUDENTS (A CASE STUDY ON EXTENSIVE READING COURSE AT ENGLISH DEPARTMENT OF SULTAN AGENG TIRTAYASA UNIVERSITY)

Main Author: Febriani, Dini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13144/1/THE%20USE%20OF%20NOVEL.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13144/
Daftar Isi:
  • Membaca ekstensif dapat memperoleh peran memotivasi siswa bahasa untuk mencapai prestasi dalam pembelajaran bahasa dan akademik. Mempertimbangkan bahwa novel mungkin bisa menjadi sarana terbaik untuk membaca ekstensif, penelitian ini adalah bertujuan untuk mengetahui sikap membaca mahasiswa bahasa Inggris semester empat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa terhadap penggunaan novel dalam Bacaan Ekstensif kursus. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, kelas observasi, dan kuesioner. Berdasarkan wawancara dengan dosen, ada adalah lima novel yang harus dibaca siswa bahasa Inggris secara individual dengan menggunakan reading strategi. Mereka diharuskan membaca setidaknya lima halaman per hari dan diberi dua minggu untuk membaca setiap novel. Di akhir sesi, ada grup presentasi di mana siswa bahasa Inggris harus menganalisis satu novel dengan menggunakan a pendekatan membaca sastra tertentu. Hasil kuesioner tertutup menunjukkan bahwa siswa bahasa Inggris memiliki sikap membaca yang kurang baik, ditunjukkan dengan total skor 1061 atau 73,6%. Ketidakcukupan diperkuat oleh hampir setengah tanggapan siswa bahasa Inggris yang tidak diketahui terhadap kuesioner terbuka, meskipun sisanya yang tanggapannya cenderung lebih positif. Selanjutnya wawancara melibatkan delapan perwakilan siswa bahasa Inggris memperoleh lebih banyak konfirmasi informasi dan hasil observasi kelas menunjukkan kurang memuaskan kegiatan pasca membaca. Kesimpulannya, sikap membaca siswa bahasa Inggris terhadap Penggunaan novel dalam mata kuliah Membaca Ekstensif tentunya kurang menguntungkan.