The Influence of Using Storytelling Technique Toward Students’ Speaking Ability at 10th Grade of SMAN 3 Kota Serang
Main Author: | Syahriyal Fauzi, Azy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13137/1/The%20Inluence%20of%20Using%20Storytelling%20Technique%20Toward%20Students%E2%80%99%20Speaking%20Ability%20at%2010th%20grade%20of%20SMAN%203%20Kota%20Serang.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13137/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan storytelling terhadap kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Kota Serang pada semester I tahun ajaran 2014/2015. Peneliti melakukan penelitian ini didasarkan pada pertanyaan penelitian tentang masalah penelitian tentang “the pengaruh penggunaan storytelling terhadap kemampuan berbicara siswa”. Peneliti melakukan penelitian ini dengan menerapkan pendekatan kuantitatif dengan true eksperimental sebagai desain penelitian. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas X SMAN 3 Kota Serang dipilih berdasarkan random sampling. Satu kelas dipilih sebagai eksperimen kelompok dan satu lagi sebagai kelompok kontrol. Setiap kelas terdiri dari 41 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 82 siswa. Ini adalah sekitar 20% dari populasi. Hasil penelitian mengungkapkan temuan untuk pertanyaan penelitian. Hal ini ditunjukkan dengan skor pretest dan pasca-tes. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimen adalah 51,70 pada pre-test dan menjadi 68,49 pada post-test. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t independen. Hasil dari ini penelitian menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (14.877 > 1.990). Artinya ada pengaruh signifikan penggunaan storytelling terhadap kemampuan berbicara siswa. Berdasarkan Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa mendongeng adalah salah satu teknik yang tepat berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa agar dapat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran berbicara.