THE INFLUENCE OF WEBLOG TOWARD STUDENTS’ WRITING ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT AT TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 6 KABUPATEN TANGERANG

Main Author: BRYLIANA, BENING
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13135/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20WEBLOG%20TOWARD%20STUDENTS%20WRITING%20ABILITY%20IN%20WRITING%20RECOUNT%20TEXT%20AT%20TENTH%20GRADE%20STUDENTS%20OF%20SMAN%206%20KABUPATEN%20TANGERANG.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13135/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh weblog terhadap kemampuan menulis siswa dalam menulis teks recount pada siswa kelas sepuluh SMAN 6 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui quasi eksperimen non-ekuivalen sebagai desain penelitian. Sampel yang digunakan dalam hal ini penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 3 sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas X IIS 4 sebagai kelompok eksperimen. Setiap kelas terdiri dari 30 siswa, sehingga jumlah sampelnya adalah 60 . siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor pada setiap elemen recount dalam kelas kontrol adalah 9,83 untuk orientasi dan menjadi 18,20, kejadiannya adalah 14 dan menjadi 16,33, reorientasinya adalah 2,33 dan menjadi 14, dan fitur bahasanya adalah 8,50 dan menjadi 14,50. Rata-rata nilai total pada pre-test adalah 34,67 dan menjadi 63 pada pasca-tes. Sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 8,83 untuk orientasi dan menjadi 16,83, kejadiannya adalah 12 dan menjadi 20,50, reorientasinya adalah 0,67 dan menjadi 17, dan fitur bahasa adalah 5,67 dan menjadi 15,33. Rata-rata dari total skor di pre-test adalah 27,17 dan menjadi 69,67 di post-test. Uji hipotesis yang digunakan uji-t independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-test lebih tinggi dari t-tabel (10,37 > 2,045) pada kelompok kontrol dan uji-t pada kelompok eksperimen juga lebih tinggi dari t-tabel (30,57 > 2,045). Artinya hipotesis alternatif (Ha) adalah diterima. Jadi, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari weblog terhadap kemampuan menulis siswa dalam menulis teks recount pada siswa kelas sepuluh SMAN 6 Kabupaten Tangerang.