THE INFLUENCE OF WATCHING CARTOON VIDEO TOWARDS STUDENTS’ LISTENING COMPREHENSION ABILITY AT THE EIGHTH GRADE OF SMPN 4 KOTA SERANG
Main Author: | PRIHATININGSIH, IDA ADHA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13131/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20WATCHING%20CARTOON%20VIDEO%20TOWARDS%20STUDENTS%E2%80%99%20LISTENING%20COMPREHENSION%20ABILITY%20AT%20T.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13131/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini tentang pengaruh menonton video kartun terhadap kemampuan pemahaman menyimak siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Serang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh menonton video kartun terhadap kemampuan pemahaman mendengarkan siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif penelitian yang menggunakan desain eksperimen semu sebagai metode. Populasi ini penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Serang. penelitian Metodologi yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di dua kelas, yaitu: kelas eksperimen (VIII I) dan kelas kontrol (VIII H) sebagai sampel. Kelas VIII I adalah diajarkan dengan menonton video kartun, sedangkan kelas VIII H diajarkan tanpa menonton video kartun (hanya merekam). Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes yaitu pretest dan posttest. Tes telah dicoba ke kelas IX E untuk mengetahuinya validitas dan reliabilitas sebelum digunakan untuk mengumpulkan data. Rumus untuk Analisis data menggunakan uji-t dengan menggunakan SPSS 16 for windows. Itu digunakan untuk menentukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dalam eksperimen? kelas dan nilai siswa di kelas kontrol atau tidak. Setelah data dianalisa, maka didapatkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 60,33 dan kontrol kelas adalah 61.00. Sedangkan rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 84,00 dan kelas kontrol adalah 75,67. Hasil uji t diperoleh sebesar 3,527 dengan t tabel sebesar 2.000. Nilai uji t lebih tinggi dari t-tabel (3,527 2.000). Itu berarti bahwa alternatifnya hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Sejak uji-t skor lebih tinggi dari t-tabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pengaruh menonton video kartun terhadap pemahaman mendengarkan siswa kemampuan siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Serang.