THE INFLUENCE OF USING TRACE EFFECTS GAME TOWARD STUDENTS’ LISTENING SKILL AT TENTH GRADE OF SMA AL-MUBAROK
Main Author: | PANGESTU, ASTA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13126/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20TRACE%20EFFECTS%20GAME%20TOWARD%20STUDENTS%27%20LISTENING%20SKILL%20AT%20TENTH%20GRADE%20OF%20SMA2.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13126/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan game Trace Effects terhadap keterampilan menyimak siswa kelas X SMA AL-Mubarok. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif, berfokus pada desain True Experimental. Peneliti menggunakan dua kelas, keduanya kelas perlakuan, dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI kelas SMA AL-Mubarok tahun ajaran 2014/2015. Sampelnya adalah X1 sebagai kelas kontrol dan X2 sebagai kelas eksperimen, sampel dipilih dengan menggunakan simple random sampling. Dalam percobaan kelas, peneliti mengajar dengan menggunakan Trace Effects Game, dan untuk kelas kontrol diajarkan tanpa menggunakan Game efek Jejak. Instrumen penelitian ini adalah tes: pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test siswa pada kelompok eksperimen adalah 65,4 dan untuk rata-rata skor siswa kelompok kontrol adalah 58,2 dan setelah dilakukan perlakuan dan hasilnya menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test siswa pada kelompok eksperimen adalah 87,3 dan untuk nilai rata-rata siswa pada kelompok kontrol adalah 67,5, dan hasil uji hipotesis (uji t) digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Trace Effects Game terhadap keterampilan mendengarkan siswa. Berdasarkan perhitungan, menunjukkan bahwa hasil thitung lebih tinggi dari ttabel. Dapat disimpulkan bahwa Thitung > Ttabel = 9,464 >2.02. Artinya ada pengaruh penggunaan Trace Effects Game terhadap keterampilan menyimak siswa. Oleh karena itu, Hipotesis alternatif (H0) ditolak dan (Ha) diterima. Selanjutnya peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Trace Effects Game terhadap keterampilan menyimak siswa kelas X SMA AL- Mubarok.