THE INFLUENCE OF USING TOURISM BROCHURE TOWARD STUDENTS’ DESCRIPTIVE WRITING ABILITY AT THE TENTH GRADE STUDENTS OF SMAN 1 PANDEGLANG
Main Author: | HASANNUDIN, HASANNUDIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13123/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20TOURISM%20BROCHURE%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20DESCRIPTIVE%20WRITING%20ABILITY%20AT%20THE%20TENTH.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13123/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pariwisata brosur tentang kemampuan menulis deskriptif siswa kelas sepuluh SMAN 1 Pandeglang. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan true desain eksperimen sebagai metode penelitian. Ada dua kelompok yang digunakan dalam hal ini kelompok penelitian, eksperimen dan kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Pandeglang. Dari sembilan kelas, dua kelas adalah dipilih secara random sampling dengan menggunakan undian. X IIS 3 dipilih sebagai kelompok eksperimen dan X IIS 4 sebagai kelompok kontrol. Ada 40 siswa dalam kelompok kontrol dan 40 siswa dalam kelompok eksperimen. Setelah melakukan perawatan dan mengevaluasi kedua pre-test dan post-test dengan menginstruksikan siswa untuk membuat paragraf deskriptif tentang pariwisata tempat berdasarkan brosur wisata yang disediakan peneliti, peneliti menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan brosur pariwisata terhadap kemampuan menulis deskriptif. Hal ini dapat dilihat dari nilai t-test yang lebih tinggi dari nilai t-tabel (3,5 > 2,021) dengan atau taraf signifikansi 0,05 dan 78 sebagai derajat kebebasan. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap pengajaran penulisan deskriptif siswa menggunakan brosur pariwisata. Disarankan untuk menggunakan Pariwisata Brosur untuk mengajar menulis deskriptif.