THE INFLUENCE OF USING THINK-PAIR-SHARE TECHNIQUE ON THE STUDENTS READING COMPREHENSION AT EIGHTH GRADE OF MTS DAARUSSALAM TANGERANG

Main Author: i Agustia Sari, Evi Aryat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13121/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20THINK-PAIR-SHARETECHNIQUE%20ONTHE%20STUDENTS%20READING%20COMPREHENSION%20AT%20EIGHTH%202.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/13121/
Daftar Isi:
  • Bahasa Inggris sebagai bahasa asing telah dipelajari oleh siswa di semua tingkatan. Ada empat keterampilan berbahasa Inggris yang harus dipelajari. Salah satunya adalah membaca. Penelitian ini berfokus pada pengaruh teknik think-pair-share terhadap pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif kelas VIII MTs Daarussalam Tangerang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik Think Pair-Share terhadap pemahaman bacaan dalam teks deskriptif. Soal ini penelitian adalah tentang teknik mengajar. Karena perkembangan pengajaran bahasa Inggris Saat ini, ada banyak teknik yang dapat diadaptasi oleh guru di dalam kelas. Penelitian ini berfokus pada pengaruh teknik think-pair-share pada siswa pemahaman membaca dalam teks deskriptif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pembelajaran untuk mengetahui pengaruh teknik think-pair-share terhadap pemahaman membaca siswa kelas VIII MTs Daarussalam Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen sejati sebagai metode penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Daarussalam Tangerang, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Itu kelas dipilih secara cluster random sampling dari ketiga kelas tersebut. Dengan menggunakan metode ini, peneliti melakukan eksperimen untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah perlakuan. Alat yang digunakan oleh peneliti adalah tes membaca. Setelah mengumpulkan data, peneliti menganalisisnya dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan signifikan pengaruh teknik think-pair-share terhadap pemahaman membaca siswa di teks deskriptif pada kelompok eksperimen signifikan. Bisa dilihat dari hasilnya dari uji-t. Peneliti mendapatkan hasil dari uji signifikansi atau thitung sebesar 4,685, sedangkan, ttabelnya adalah 0,05 (2,00). Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (4,685 > 2,00). Oleh karena itu, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Jadi, bisa jadi menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan teknik think-pair-share pada pemahaman membaca siswa dalam teks deskriptif di kelas delapan MTs Daarussalam Tangerang