THE INFLUENCE OF USING SNAKES AND LADDERS GAME TOWARD STUDENTS’ WRITING ABILITY IN PAST TENSE AT 8 th GRADE OF SMPN 8 KOTA SERANG

Main Author: Nandhita, Devitania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13120/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20SNAKES%20AND%20LADDERS%20GAME%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20WRITING%20ABILITY%20IN%20PAST%20TENSE%20AT%208th%20GRADE%20OF%20SMPN%208%20K~1.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13120/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan ular dan permainan tangga terhadap kemampuan menulis siswa dalam bentuk lampau di kelas delapan SMPN 8 Kota Serang. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan kuasi desain eksperimen sebagai metode penelitian. Ada dua kelompok yang digunakan dalam hal ini riset. Kelompok eksperimen dan kontrol. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa SMPN 8 Kota Serang, masing-masing kelompok dipilih 30 siswa. Penelitian menemukan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis siswa dalam bentuk lampau, ditunjukkan dengan nilai t-test lebih tinggi dari nilai t-tabel pada tingkat signifikan dari 0,05. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen 56,96 dan kelas kontrol 61,70. Sedangkan setelah peneliti memberikan beberapa perlakuan rata-rata post-test siswa dalam eksperimen kelas yang diajar dengan menggunakan permainan ular tangga meningkat menjadi 72,36. Ini hasil tersebut lebih tinggi dari rerata post-test siswa kelas kontrol yaitu 69,70 yang diajarkan tanpa menggunakan permainan ular tangga. Artinya hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut, permainan ular tangga efektif dan memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis siswa dalam bentuk lampau pada siswa kelas delapan di SMPN 8 Kota Serang. Akhirnya, peneliti menyarankan kepada para guru bahwa mereka sebaiknya menggunakan permainan ular tangga sebagai salah satu media dalam pembelajaran menulis khususnya dalam bentuk lampau.