THE INFLUENCE OF USING SMALL GROUP DISCUSSION TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE EIGHTH GRADE OF SMPN 1 MAUK KABUPATEN TANGERANG
Main Author: | Kholifah, Mita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13119/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20SMALL%20GROUP%20DISCUSSION%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20READING%20COMPREHENSION%20AT%20THE%20EIGHTH%20GRADE%20OF%20SMPN%201%20MAU~1.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13119/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan small diskusi kelompok terhadap pemahaman membaca siswa di kelas delapan SMPN 1 Mauk Kabupaten Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui eksperimen sejati sebagai desain penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Mauk Kabupaten Tangerang dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-1 sebagai kelas kontrol. Setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Hasilnya, nilai rata-rata pre test pada kelas eksperimen adalah 58 dan nilai rata-rata post test kelas eksperimen adalah 83.9. Sedangkan rerata nilai pre test kelas kontrol adalah 61,97 dan rerata skor post test di kelas kontrol adalah 74,6. Selanjutnya, karena tvalue (5,43) adalah lebih tinggi dari ttabel (2,00), sehingga hipotesis alternatif (Ha ) diterima. Itu peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan kelompok kecil Diskusi Pemahaman Membaca Siswa Kelas VIII SMPN 1 Mauk Kabupaten Tangerang. Peneliti mengharapkan diskusi kelompok kecil dapat digunakan sebagai metode pengajaran alternatif untuk mengajarkan pemahaman membaca.