THE INFLUENCE OF USING SEQUENTIAL PICTURES TOWARD STUDENTS’ ABILITY IN WRITING NARRATIVE TEXT AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF MTS AL-JAUHAROTUNNAQIYYAH CIBERKO

Main Author: Olivia, Chelvina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13118/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20SEQUENTIAL%20PICTURES%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20ABILITY%20IN%20WRITING%20NARRATIVE%20TEXT%20AT%20.PDF
https://eprints.untirta.ac.id/13118/
Daftar Isi:
  • Menulis adalah salah satu aspek yang penting dalam pembelajaran bahasa Inggris. Namun, itu adalah tidak semudah kelihatannya. Ada beberapa media untuk memudahkan siswa dalam mengarang teks. Salah satu media yang menarik adalah gambar berurutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gambar berurutan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks naratif pada siswa kelas VIII MTs Al-jauharotunnaqiyyah Ciberko. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Itu peneliti melakukan dua pertemuan dengan menggunakan media gambar berurutan sebagai perlakuan dalam kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes menulis. Setelah data terkumpul, peneliti menganalisisnya dengan menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan dari teks naratif menulis siswa pada kelompok eksperimen adalah signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t. Itu peneliti mendapatkan hasil dari uji signifikansi atau thitung sebesar 2,703, sedangkan ttabelnya adalah 1.684. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,703 > 1,684). Oleh karena itu, nol hipotesis ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Jadi, bisa jadi menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan gambar berurutan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks naratif siswa kelas VIII MTs Al jauharotunnaqiyyah Ciberko.