THE INFLUENCE OF USING PICTURES TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE EIGHT GRADE OF SMPN 1 JAWILAN KABUPATEN SERANG
Main Author: | IMELDA, IMELDA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13116/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20PICTURES%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20READING%20COMPREHENSION%20AT%20THE%20EIGHT%20GRADE%20OF%20SMP2.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13116/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan gambar memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman membaca siswa di kelas delapan SMPN 1 Jawilan Kabupaten Serang.Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan benar desain eksperimen sebagai metode penelitian, Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Jawilan Kabupaten Serang. Enam puluh siswa diambil sebagai sampel dengan random sampling, tiga puluh siswa kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen dan tiga puluh siswa kelas VIII-8 sebagai kelas kontrol. Kelas kontrol menggunakan metode konvensional (perlakuan tanpa menggunakan gambar sebagai media) sedangkan kelas eksperimen menggunakan pengobatan (menggunakan gambar sebagai media). Kedua kelas diberikan pretest dan posttest untuk mengetahui pemahaman membaca siswa sebelum perlakuan dan setelah perlakuan. Itu Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes membaca. Nomor butir soal kedua tes (pretest dan posttest) sebanyak 20 butir isian yang kosong. Peneliti menggunakan rumus T-test untuk menganalisis pretest dan posttest siswa dalam kontrol dan kelas eksperimen. Ada beberapa hasil penelitian: 1). Skor t-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 1,57. Tabel distribusi dengan tingkat signifikansi 0,05, dan T tabel 0,083 Hal ini menunjukkan bahwa dari nilai signifikansi level 0,01 > (1,570> 0,083). Oleh karena itu, hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. 2). Rerata skor pretest di kelas kontrol adalah 65 dan menjadi 83,9 pada posttest. Sementara itu, nilai rata-rata pretest dalam eksperimen kelas adalah 78 dan menjadi 85,8 pada posttest. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan gambar terhadap pemahaman membaca siswa di kelas delapan SMPN 1 Jawilan Kabupaten Serang.