THE INFLUENCE OF USING JIGSAW TECHNIQUE TOWARDS STUDENTS’ READING NARRATIVE TEXT AT SMP NEGERI 1 BOJONEGARA

Main Author: FAJAR HERMAWAN, ANDRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13113/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20JIGSAW%20TECHNIQUE%20TOWARDS%20STUDENTS%E2%80%99%20READING%20NARRATIVE%20TEXT%20AT%20SMP%20NEGERI.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13113/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman siswa antara kelas yang telah memberikan teknik jigsaw dan kelas lainnya yang belum memberikan teknik jigsaw teknik jigsaw pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bojonegara. Penulis memilih ini judul karena membaca masih menjadi masalah bagi sebagian besar siswa. Masalah seperti mereka mengalami kesulitan dalam mengucapkan kata-kata bahasa Inggris dan mengalami kesulitan dalam membaca teks bahasa Inggris metode penelitian, penulis menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan random sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2014/2015 dari tanggal 22 November sampai 8 Desember 2014 dan melibatkan dua kelas sebagai sampel. Instrumen yang penulis yang digunakan adalah angket dan tes. Penulis melakukan pre-test dan post-test. Data dikumpulkan dari hasil perhitungan statistik, penulis menyimpulkan teknik jigsaw dapat mempengaruhi siswa dalam membaca teks naratif. Hal ini terlihat dari angket dan hasil tes. Persentase hasil pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. diperoleh bahwa skor 4,91 derajat kebebasan adalah nilai 68 yang disebutkan dalam tabel sekitar 2,00 (sebagai derajat signifikan). Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik jigsaw dalam pengajaran membaca dapat mempengaruhi siswa dalam membaca teks naratif. Menggunakan teknik jigsaw dalam pembelajaran membaca sudah tepat untuk membuat siswa aktif dan tertarik dalam kegiatan belajar.