The Influence of Using Jigsaw Technique in Reducing Students’ Anxiety level to Speak English at Ninth Grade of SMPN 1 Gunungsari Kabupaten Serang

Main Author: SEFIANA RUKY, ABIT
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13111/1/The%20Influence%20of%20Using%20Jigsaw%20Technique%20in%20Reducing%20Students%E2%80%99%20Anxiety.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13111/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik Jigsaw dalam mengurangi tingkat kecemasan siswa untuk berbicara bahasa Inggris di kelas IX SMPN 1 Kab. Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuasi eksperimen sebagai desain penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMPN 1 Gunungsari Kab. Serang dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan IX C sebagai kelas kontrol. Setiap kelas terdiri dari 30 siswa. Hasilnya, peneliti menunjukkan skor rata-rata pra-kuesioner di kelas eksperimen adalah 70,03 dan menjadi 50,83 di pascakuesioner. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pra-kuesioner adalah 74.10 dan menjadi 81.03 di pasca-kuesioner. Dalam menemukan perbedaan yang signifikan antara dua variabel, peneliti melakukan t-test. Hasilnya menunjukkan thitung adalah lebih tinggi dari ttabel (6,36 1,672). Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) adalah diterima. Jadi, peneliti menyimpulkan bahwa, ada pengaruh yang signifikan dari Teknik Jigsaw dalam mengurangi tingkat kecemasan siswa untuk berbicara bahasa Inggris di kelas sembilan di SMPN 1 Gunungsari Kab. Serang. Peneliti juga berharap Jigsaw bisa digunakan sebagai salah satu alternatif teknik pengajaran untuk mengajar berbicara.