THE INFLUENCE OF USING GROUP DISCUSSION TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT THE ELEVENTH GRADE OF SMA NEGERI 1 BAROS

Main Author: Jamaludin, Didin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13109/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20GROUP%20DISCUSSION%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20SPEAKING%20ABILITY%20AT%20THE%20ELEVENTH%20GRADE.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13109/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan group diskusi terhadap kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Baros pada semester II tahun ajaran 2013/2014. penelitian Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menerapkan rancangan eksperimen sejati. Itu peneliti menggunakan teknik random sampling sekitar 20% dari populasi. Ada dua kelompok yang digunakan dalam penelitian ini. Kelompok eksperimen dan kontrol. Contoh ini penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Baros, 29 siswa kelompok kontrol dan 29 siswa dalam kelompok eksperimen. Hal ini ditunjukkan dengan skor pre-test dan post-test. Artinya skor pre-test pada kelompok kontrol adalah 43,74. Menjadi 57,03 pada post-test. Sedangkan pada kelompok eksperimen nilai rata-rata pre-test adalah 50,21 dan menjadi 61,60 pada post-test. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t independen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa t-test lebih tinggi dari t-tabel ttest > ttabel (2,29 1,67) pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 56. Artinya hipotesis diterima. Berdasarkan Hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa diskusi kelompok signifikan penggunaan kemampuan berbicara siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baros.