THE INFLUENCE OF USING EDMODO TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT ELEVENTH GRADE OF SMAN 1 PAMARAYAN (An Experimental Research)
Main Author: | ISMAYANTI, YETI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13105/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20EDMODO%20TOWARD%20STUDENTS%27%20VOCABULARY%20MASTERY%20AT%20ELEVENTH%20GRADE%20OF%20SMAN%201%20PAM.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13105/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh menggunakan Edmodo terhadap penguasaan kosakata siswa di kelas sebelas SMAN 1 Pamarayan. Penelitian ini menggunakan true-experimental sebagai desain penelitian. Itu Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Pamarayan di tahun ajaran 2015-2016. Peneliti menggunakan simple random sampling untuk mengambil contoh. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa, 20 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan 20 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes. Tes dibagi menjadi dua bagian, ada pre-test dan pasca tes. Perlakuan menggunakan Edmodo diberikan untuk kelas eksperimen dan menggunakan flashcard untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan antara hasil pre-test dan post-test. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pre test kelas eksperimen 64,4 dan kelas kontrol 68,2. Setelah mendapatkan perlakuan, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 85,4 dan kelas kontrol adalah 80,6. Analisis data dicoba menggunakan uji-T untuk dua kelompok rancangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai post-test menunjukkan thitung lebih banyak dari ttabel(3,63 > 2,02). Artinya Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Berdasarkan analisis data di atas, penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Edmodo terhadap kosakata siswa ketuntasan pada kelas XI SMAN 1 Pamarayan.