THE INFLUENCE OF USING DIARY TOWARD STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT AT THE 2ND GRADE STUDENTS OF SMAN 2 PANDEGLANG

Main Author: TRIA UTAMI, ARI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13103/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20DIARY%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20ABILITY%20IN%20WRITING%20RECOUNT%20TEXT%20AT%20THE%202ND%20GRADE%20STUDENTS%20OF%20SMAN%202%20PAND~1.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13103/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh penggunaan buku harian terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks recount di 2 nilai nd siswa SMAN 2 Pandeglang. Peneliti melakukan penelitian kuantitatif metode dengan menerapkan desain eksperimen semu, untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif penggunaan buku harian terhadap tulisan recount siswa. Itu peneliti melakukan tes sebagai teknik pengumpulan data. Tes tersebut diberikan kepada siswa untuk mengetahui apakah perlakuan tersebut memberikan kontribusi terhadap prestasi dalam menulis recount atau tidak. Populasi penelitian ini adalah semua 2nd siswa SMAN 2 Pandeglang tahun ajaran 2014/2015. sampel dari penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIA 3 sebagai kelas kelas kelompok eksperimen. Setiap kelas terdiri dari 30 siswa, sehingga jumlah sampelnya adalah 60 siswa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh pada siswa skor tulisan. Rerata skor pre-test kelompok kontrol adalah 52,83 dan eksperimental kelompok adalah 50,83. Rerata skor post-test kelompok kontrol adalah 66,23 dan eksperimen kelompok adalah 70. Hal ini juga dapat dilihat dari skor rata-rata item recount berikut: teks: orientasi dari 13 hingga 17,16, acara dari 18,66 hingga 21,33, reorientasi dari 9,33 hingga 17,16, dan fitur bahasa dari 10,16 hingga 15. Uji hipotesis yang digunakan uji-t independen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa t-test lebih tinggi dari t-tabel (15,83 > 1,672) pada kelompok kontrol dan uji-t pada kelompok eksperimen juga lebih tinggi dari t-tabel (19,83 > 1,672). Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, peneliti menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan buku harian terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks recount pada 2 siswa kelas dua SMAN 2 Pandeglang.