THE INFLUENCE OF USING COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT AT THE NINTH GRADE OF SMPN 21 KOTA SERANG
Main Author: | Karunia Putri, Ratu Ayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13101/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20COMMUNICATIVE%20LANGUAGE%20TEACHING%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20READING%20COMPREHENSION%20IN%20.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13101/ |
Daftar Isi:
- Membaca adalah salah satu cara paling umum untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan. Namun, tidak semudah kelihatannya. Ada beberapa metode untuk membuatnya siswa lebih mudah memahami teks. Salah satu metode yang menarik adalah CLT metode. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan CLT terhadap pemahaman membaca siswa dalam teks naratif di kelas sebelas SMPN 21 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kuasi desain eksperimental sebagai metode penelitian. Peneliti melakukan dua pertemuan menggunakan metode CLT sebagai perlakuan di kelas eksperimen. Instrumen yang yang digunakan peneliti adalah tes membaca. Setelah mengumpulkan data, peneliti menganalisisnya dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan signifikan pengaruh pemahaman membaca siswa pada kelompok eksperimen adalah signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t. Peneliti mendapatkan hasil dari signifikansi uji atau thitung sebesar 2,322, sedangkan ttabel sebesar 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel (2,322 > 1,671). Oleh karena itu, hipotesis nol ditolak dan alternatifnya hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemahaman membaca siswa dengan menggunakan metode CLT di kelas sebelas SMPN 21 Kota Serang. Buka di Google Terjemahan •