THE INFLUENCE OF USING CLUSTERING TECHNIQUE TOWARD STUDENTS’ WRITING RECOUNT TEXT A True Experimental Research at the Eighth Grade of SMP Negeri 13 Kota Serang
Main Author: | SRIWIJAYANI, EKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13100/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20CLUSTERING%20TECHNIQUE%20TOWARDS%20STUDENTS%27%20WRITING%20RECOUNT%20TEXT%20%282%29.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13100/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan clustering teknik menulis teks recount siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Serang. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti melakukan penelitian true-experimental di SMPN 13 Kota Serang. Populasi ini penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Serang tahun pelajaran 2014/2015. Untuk sampel, peneliti mengambil dua kelas berdasarkan cluster teknik random sampling, kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol kelas. Kedua kelas terdiri dari 35 siswa. Kelas eksperimen diajarkan menulis teks recount dengan menggunakan teknik clustering, sedangkan kelas kontrol adalah diajarkan menulis teks recount dengan menggunakan metode konvensional atau tanpa menggunakan teknik pengelompokan. Instrumen penelitian ini adalah tes; tes awal dan tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan hasil nilai rata-rata post-test dalam kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil nilai rata-rata post-test di kelas kontrol kelas. Nilai rata-rata post-test kelas kontrol adalah 80,57 dan rata-rata post-test skor kelas eksperimen adalah 85,14. Untuk membuktikan bahwa nilai rata-rata keduanya kelas berbeda nyata, data dianalisis dengan uji-t. Itu hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,51 > 1,67) yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan teknik clustering dalam menulis teks recount siswa kelas VIII SMPN 13 Kota Serang. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan clustering teknik menulis teks recount siswa membantu siswa menjadi lebih baik prestasi secara tertulis.