THE INFLUENCE OF USING CLUSTERING TECHNIQUE TOWARD THE STUDENTS’ WRITING ABILITY IN DESCRIPTIVE TEXT AT THE SEVENTH GRADE OF SMP ATTAUFIQIYYAH KABUPATEN SERANG

Main Author: FATMAWATI, YENI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13099/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20CLUSTERING%20TECHNIQUE%20TOWARD%20THE%20STUDENTS%E2%80%99%20WRITING%20ABILITY%20IN%20DESCRIPTIVE%20T.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13099/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan clustering teknik terhadap kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif di kelas tujuh SMP Attaufiqiyyah Kab. Serang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian eksperimen dengan menerapkan desain eksperimen semu. Peneliti memberikan pretest dan posttest untuk kedua kelompok eksperimen dan kontrol. populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII dan sampel penelitian ini adalah siswa VII.A sebagai kelompok eksperimen dan VII.B sebagai kelompok kontrol pada tahun ajaran 2014/2015 tahun ajaran SMP Attaufiqiyyah Kab. Serang terdiri dari 20 siswa masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-test lebih tinggi dari t-tabel (3,22 > 1,68) pada taraf signifikan 5% = 0,05 dan derajat bebas (df) = n+n-2 adalah 38. Artinya hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Selain itu, penggunaan teknik clustering telah mempengaruhi siswa kemampuan menulis teks deskriptif karena perhitungan effect size adalah 0,458 menunjukkan bahwa perlakuan teknik clustering memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa. kemampuan menulis teks deskriptif