THE INFLUENCE OF USING CLUSTERING TECHNIQUE IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT AT SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 15 KOTA SERANG
Main Author: | DWI CAHAYANY, NDAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13097/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20USING%20CLUSTERING%20TECHNIQUE%20IN%20TEACHING%20WRITING%20NARRATIVE%20TEXT%20AT%20THE%20SECOND%20GRAD.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13097/ |
Daftar Isi:
- Teknik clustering merupakan salah satu teknik menulis yang dapat diterapkan dalam pembelajaran menulis. Teknik pengelompokan dapat mendorong siswa untuk mulai lebih banyak menulis sejak itu membuat mereka lebih mudah dalam menemukan apa yang harus ditulis dari cluster. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan clustering dalam pembelajaran menulis teks naratif pada siswa kelas II SMPN 15 Kota Serang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SMPN 15 Kota Serang yang terdiri dari 320 siswa. Untuk sampel penelitian ini menggunakan cluster sampling yang memungkinkan peneliti untuk memilih siswa berdasarkan kelas mereka yang sebenarnya. Oleh karena itu, sampel penelitian ini adalah siswa yang diambil dari dua kelas (VIII C sebagai kelompok kontrol dan VIII G sebagai kelompok eksperimen). Metode ini Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Setelah melakukan penelitian dan menganalisis temuan data, rata-rata skor pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen adalah 35,7 dan 64,6. Skor rata-rata dari pre test dan post test pada kelompok kontrol adalah 36,2 dan 52,2. Hasilnya menunjukkan bahwa ada peningkatan skor. Namun, kelompok eksperimen lebih baik perbaikan daripada kelompok kontrol. Peningkatan nilai siswa tidak hanya dilihat dari hasil tes mereka tetapi juga oleh tanggapan positif yang dibuat oleh siswa. Mereka bersemangat dan antusias untuk belajar menulis teks naratif dengan menggunakan clustering teknik. Respon positif ini membuat mereka bisa lebih banyak menulis, menyusun organisasi dengan benar, dan menggunakan konjungsi dan tenses yang tepat. Lebih-lebih lagi, hasil uji-t (pengamatan) adalah 2,403. Membandingkan nilai pengamatan dengan derajat signifikansi 5% (2,00), 2,403 > 2,00. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan teknik clustering dalam pengajaran menulis teks naratif memakan siswa kelas II SMPN 15 Kota Serang. pengaruh dari teknik clustering terhadap prestasi belajar siswa dalam menulis teks naratif di siswa kelas II SMPN 15 Kota Serang sebesar 76%.