THE INFLUENCE OF STORY CIRCLE TOWARD STUDENTS’ ABILITY IN WRITING RECOUNT TEXT (An Experimental Research at the first grade of SMAN 3 Kota Serang)
Main Author: | Faradina Dewantari, Laras |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.untirta.ac.id/13091/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20STORY%20CIRCLE%20TOWARD%20STUDENTS%E2%80%99%20ABILITY%20IN%20WRITING%20RECOUNT%20TEXT.pdf https://eprints.untirta.ac.id/13091/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki apakah ada signifikansi pengaruh penggunaan Story Circle terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks recount di kelas satu SMAN 3 Kota Serang atau tidak. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan desain eksperimen nyata dan menggunakan dua kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SMAN 3 Kota . Serang dengan menggunakan undian sampling. Kelas X MIA 1 sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 30 siswa. Kelas X MIA 2 sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 30 siswa juga. Itu reliabilitas instrumen pada pretest sebesar 0,966 dan reliabilitas pada post test sebesar 0,452 rtabel 30 sebesar 0,361 artinya uji reliabel karena 0,966 > 0,361. Selain itu, prestasi siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil mean antara pre-test dan post-test dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Rerata pre test kelompok eksperimen adalah 59,33 dan rerata post test adalah 84,83 sedangkan rata-rata pretest kelompok kontrol adalah 44,83 dan rata-rata post-test adalah 45. Kemudian, pengamatan (2.224) lebih tinggi dari ttabel (2.00). artinya ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang telah diajar dengan menggunakan lingkaran cerita dan mereka yang tidak menggunakan lingkaran cerita. Karena observasi > ttabel, berarti story circle merupakan teknik yang efektif dalam menulis teks recount pada kelas 1 SMAN 3 Kota Serang. Jadi, hipotesis nol (Ho) yang menyatakan tidak signifikan pengaruh penggunaan Story Circle pada siswa kelas 1 SMAN 3 Kota Serang ditolak. Dan (Ha) yang menyatakan ada pengaruh yang signifikan penggunaan story circle pada siswa kelas I SMAN 3 Kota Serang diterima.