THE INFLUENCE OF SEMANTIC MAPPING STRATEGY TOWARD STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT THE EIGHTH GRADE OF SMPN 1 PETIR

Main Author: YULIANTI, YUYUN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: https://eprints.untirta.ac.id/13090/1/THE%20INFLUENCE%20OF%20SEMANTIC%20MAPPING%20STRATEGY%20TOWARD%20STUDENTS.pdf
https://eprints.untirta.ac.id/13090/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan siswa yang mendapat strategi treatment semantic mapping dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan strategi pemetaan semantik dalam pembelajaran membaca pemahaman, (2) interaksi siswa saat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi pemetaan semantik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. hasil menunjukkan bahwa data pemahaman bacaan berdistribusi normal dan homogen. Data mengatakan jika x2 hitung x2 tabel. Untuk pre-test di kelas kontrol data pre-test kelas kontrol 0,426 12,592 dan Post-test 1,318 12,592. Untuk Pre-test di Kelas Eksperimen datanya adalah 2,729 12,592 dan untuk Pre-test adalah 3,109 12.592. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif ( ) adalah diverifikasi, karena lebih besar dari (4,230 > 1,658). Artinya ada signifikansi pengaruh pemahaman membaca siswa dalam teks naratif setelah mengajar membaca teks naratif dengan menggunakan strategi pemetaan semantik. Dari tes hipotesis diketahui siswa yang mendapat perlakuan pemetaan semantik strategi dalam pengajaran pemahaman bacaan mendapat peningkatan rata-rata yang lebih signifikan skor bahwa siswa yang mengajar dengan Strategi biasa,